MARI MEMAHAMI OVERCLOCKING LEBIH DEKAT


Kamu pernah dengan tentang overclocking komputer? Entah dari majalah, teman ataupun di suatu tempat dimanapun kamu berada, tetapi apa kamu tahu apa itu Overclocking? Overclocking adalah tindakan untuk meningkatkan sebuah komponen clock rate, menjalankan komponen pada kecepatan lebih tinggi dari asalnya. Overclocking biasa dilakukan untuk CPU atau GPU, tapi komponen lain juga bisa dilakukan overclocking.
Meningkatkan sebuah clock rate dari komponen akan membuat prosesnya berjalan lebih cepat dari biasanya, tetapi juga menghasilkan panas yang luar biasa. Overclocking dapat membuat komputer kamu berjalan lebih cepat daribiasanya namun kamu memerlukan pendinginan yang super dan perawatan yang rutin. Kali ini WinPoin akan membahas secara detail tentang overclocking di artikel #WinExplain.

You have a computer with about overclocking? Whether from magazines, friends or in a place where you are, but do you know what it is Overclocking? Overclocking is the act to increase the clock rate of a component, the component run at higher speeds than home. Usually done for CPU overclocking or GPU, but other components can also be done overclocking. Increase the clock rate of a component will make the process go faster than usual, but also generate tremendous heat. Overclocking can make your computer run faster daribiasanya but you need a super cooling and routine maintenance. This time WinPoin will discuss in detail about overclocking in article # WinExplain.

Apa itu Overclocking?

Diatas sudah WinPoin singgung sedikit tentang apa itu overclocking, tetapi akan WinPoin bahas lebih detail lagi disini. Komputer CPU yang kamu gunakan, telah dirancang oleh perusahaan tersebut dengan kecepatan maksimum tertentu. Jika kamu menjalankan CPU dengan kecepatan lebih tinggi dengan pendinginan yang tepat, maka komputer kamu akan bekerja tanpa masalah.
Tidak hanya terbatas untuk meningkatkan kecepatan CPU, kamu juga bisa mengatur untuk meningkatkan kecepatan CPU dengan pengaturan tinggi clock rate atau multiplier pada BIOS, memaksanya bekerja lebih keras perdetiknya.
Hal ini akan membuat komputer CPU kamu bekerja lebih cepat, tetapi akan ada komponen yang menghasilkan panas luar biasa dan membutuhkan pendinginan yang tepat. Jika kamu tidak memberikan pengaturan pendinginan yang tepat, salah satu komponen komputer akan menjadi rusak, tidak stabil atau sistem operasi akan melakukan restart.

What is Overclocking?
WinPoin above is a slight tangent about what it overclocking, but would WinPoin discussed in detail here. Computer CPU you use, has been designed by the company with a certain maximum speed. If you run the CPU at higher speeds with proper cooling, then your computer will work without problems. Not just limited to improving the speed of the CPU, you can also set to increase the speed of the CPU with high clock rate setting or multiplier in the BIOS, forcing it to work harder for second. This will make your computer work faster CPU, but there will be a component that generates tremendous heat and require proper cooling. If you do not provide proper cooling arrangement, one of the computer components will be damaged, or unstable operating system will restart.

Dapatkah Kamu Melakukan Overclock?

Jawabannya tergantung motherboard yang kamu gunakan, kebanyakan motherboard Intel CPU dipasarkan dengan locked multiplier, sehingga mencegah kamu untuk melakukan pengubahan nilai dan overclocking. Tetapi Intel juga menyediakan motherboard Intel CPU yang khusus untuk overclocking, yaitu Extreme Edition dengan CPU unlocked multiplier.

Jika kamu ingin membuat PC gaming yang cepat dan kuat maka kamu harus siap membangung pendinginan dengan ait atau water colling system. Dengan begini komponen atau hardware yang kamu overclock akan lebih terkendali sehingga tidak akan terjadi overheat. Jika kamu membeli PC standatr, kamu mungkin tidak bisa bermain-main tentang overclocking dengannya.


Can You Doing Overclock?

The answer depends on the motherboard you use, most motherboards Intel CPU with a locked multiplier marketed, thus preventing you to do the conversion value and overclocking. But Intel also provides a special motherboard for Intel CPU overclocking, the Extreme Edition CPU with an unlocked multiplier.

If you would like to make PC gaming a fast and powerful and you should be ready to bring up ait or cooling with water colling system. With this component or hardware that you would be more restrained overclock so it will not happen overheat. If you buy a PC standatr, you may not be able to play around on overclocking with it.


Apa Untungnya Overclocking?

Keuntungan overclocking sudah jelas, kalau komputer kamu akan berjalan lebih cepat dari biasanya. Tetapi nampaknya overclocking sudah tidak diperlukan lagi dengan semakin berkembangnya teknologi. Sebagai contoh ketika komputer yang menggunakan hardisk biasa di overclock, kemampuannya masih kalah dengan komputer biasa yang menggunakan hardisk SSD. Tetapi sebaliknya, jika kamu melakukan overclock pada komputer yang menggunakan hardisk SSD maka peningkatan performa akan terlihat.

Bagi penggemar Game atau Gamers yang ingin hardware komputer mereka berjalan lebih cepat dengan menggunakan teknik overclock, nampaknya sekarang CPU modern sudah tidak memerlukan itu lagi. CPU modern yang menggunakan graphic card cepat tidak akan ada pengaruhnya ketika menggunakan teknik overclock.

What Luckily Overclocking?

Overclocking advantage is obvious, if your computer will run faster than usual. But it seems overclocking is no longer needed with the development of technology. For example, when a computer hard drive that uses a regular in overclocked, its ability is still inferior to a regular computer that uses SSD hard drive. But otherwise, if you overclock a computer using the SSD hard drive performance improvement will be seen.

For fans of the Games or Gamers who want their computer hardware run faster by using overclock, it seems now modern CPUs already do not need it anymore. Modern CPUs use a fast graphics card there will be no effect when using the technique overclock.


Bagaimana Cara Overclocking?

Setiap komputer memiliki cara yang berbeda dan setiap motherboard memiliki setting BIOS yang berbeda. Sangat tidak mungkin untuk membuat pandugan untuk melakukan overclocking untuk semua orang. Tapi WinPoin akan memberikan dasar-dasarnya saja.

How Overclocking?
Each computer has a different way and each motherboard have different BIOS settings. It is impossible to make pandugan for overclocking for everyone. But WinPoin will give you the basics only.

Pastikan Kamu Memiliki System Pendingin


Komputer CPU yang kamu miliki dipasarkan beserta pendingin dan kipas atau fan dari pabrikannya, dengan desain untuk menghentikan panas yang dihasilkan oleh kecepatan CPU standart. Jika kecepatan CPU ditambah, otomatis panasnya juga akan bertambah maka dari itu kamu harus menambahkan pendinginan. Penambahan pendinginan biasanya bisa dalam bentuk pendingin aftermarket untuk menghilangkan panas atau kipas CPU yang lebih kuat untuk mengiup udara panas pergi. Tentu ini juga membutuhkan ruang yang besar di komputer kamu, sehingga udara tidak tetap tinggal di dalam.


Ensure You Have a Cooling System


Computer CPU do you have marketed with cooling and fan or a fan of the manufacturer, with design to stop the heat generated by CPU speed standard. If the speed of the CPU plus, automatic heat will also increase and therefore you have to add cooling. The addition of cooling can usually be in the form of an aftermarket cooler to remove heat or a more powerful CPU fan for hot air mengiup go. This course also requires a large space on your computer, so that the air does not stay inside.


Gunakan Water Colling System


Hardcore overclocking mungkin membutuhkam water colling system, yang tentu lebih mahal harganya. Pendingin berbasis air akan dipompa berjalan, dimana radiator mengusir udara panas keluar. Pendingin air jauh lebih efisien daripada pendingin air


Use Water Colling System


Hardcore overclocking may membutuhkam water colling system, which of course is more expensive. Based cooling water will be pumped to walk, where the radiator expel hot air out. Water cooling is far more efficient than water cooling


Overclock BIOS


Kamu juga bisa masuk ke BIOS komputer dan meningkatkan clock rate CPU atau voltage. Tingkatkan sedikit demi sedikit dan booting ke komputer kamu, jika sistem stabil dengan menjalankan bencmark seperti software Prime95 untuk mengetahui penggunaan dan suhu komputer agar pengaturan pendinginan kamu tepat. Dengan meningkatkan setting BIOS sedikit demi sedikit sampai komputer tidak stabil dan mengharuskan kamu untuk ke setting BIOS tingkat stabil akan sangat efektif ketimbang mengaturnya dengan jumlah yang besar

BIOS overclock


You can also enter the computer's BIOS and increase the CPU clock rate or voltage. Increase gradually and booting into your computer, if the system is stable by running Prime95 software bencmark like to know the usage and temperature of cooling your computer so that appropriate arrangements. By increasing the BIOS settings little by little until the computer is unstable and require you to go to the BIOS setting stable level will be very effective rather than set it up with a large number


Apa Kekurangan Overclocking?

Ketika kamu melakukan overclock terhadap komputer CPU yang kamu miliki, kamu melakukan sesuatu yang seharusnya tidak kamu lakukan, ini akan membuat garansi komputer kamu tidak berlaku. Panas komputer CPU kamu juga akan meningkat dengan pendingin yang tidak tepat atau overclock terlalu banyak, mungkin akan membuat CPU rusak secara permanen.

Kegagalan hardware dalam overclock adalah hal yang biasa terjadi, tetapi kebanyakan yang terjadi pada overclock mengakibatkan komputer berjalan tidak stabil. CPU yang tidak stabil akan membuat kesalahan sistem dan komputer akan melakukan restart.

Jika kamu melakukan overclock BIOS maka kamu harus perlahan-lahan untuk meningkatkan clock rate, sampai dimana tahap stabil menjadi tidak stabil berbanding tipis. Kamu juga harus memastikan kalau pendingin bekerja dengan sempuna, sehingga komponen komputer tetap aman. Dalam beberapa kasus ada komputer yang tidak cukup memiliki ruang CPU sehingga membuat komponen komputer cepat panas, jadi jangan mencoba-coba untuk melakukan overclocking jika komputer kamu demikian.

What are the Disadvantages Overclocking?

When you overclock the CPU computer you have, you're doing something you should not do, this will make your computer warranty does not apply. Computer CPU heat you will also increase with improper cooling or overclock too much, probably will make the CPU permanently damaged.

Hardware failure in the overclock is a common problem, but most are going to overclock resulted in an unstable computer running. Unstable CPU will make the system error and the computer will restart.

If you do overclock BIOS then you need to slowly increase the clock rate, to which the stable phase becomes unstable versus thin. You also must ensure that working with sempuna cooler, so computer components remain safe. In some cases there are not enough computer has a CPU that makes computer components heat up quickly, so do not try to do when overclocking your computer so.


Kesimpulan


Overclocking tidak hanya dapat dilakukan oleh komputer, smartphonepun juga bisa melakukannya. Selain membuat komputer dan smartphone berjalan dengan cepat, kamu juga perlu memeriksa panas yang dihasilkan oleh overclock tadi. Jika kamu tidak memiliki pendinginan yang tepat maka hardware akan cepat rusak atau bahkan meledak.

conclusion Overclocking is not only can be done by computer, smartphonepun can do. In addition to making computers and smartphones running quickly, you also need to check the heat generated by overclocking earlier. If you do not have proper cooling then the hardware will be easily damaged or even explode.


MARI MEMAHAMI OVERCLOCKING LEBIH DEKAT


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar